Rabu, 19 Desember 2012

BIAYA DIFERENSIAL



Beberapa persoalan yang dihadapi perusahaan dapat diselesaikan dengan mempergunakan dan memanfaatkan perbedaan prilaku di antara biaya-biaya yang dimiliki perusahaan. Salah satu metode yang di gunakan adalah dengan menggunakan analisis biaya diferensial.
Biaya Diferensial adalah berbagai perbedaan biaya di antara sejumlah alternatif pilihan yang dapat digunakan perusahaan.
Biaya diferensial atau biaya relevan sering pula disebut sebagai biaya marjinal atau biaya inkremental . Biaya diferensial merupakan berbagai macam kemungkinan yang dapat terjadi dan dapat digunakan perusahaan dalam menghitung biaya tang akan dikeluarkan perusahaan. Pada dasarnya biaya diferensial merupakan biaya tunai atau out-of-pocket cost, yaitu biaya yang memerlukan pengeluaran tunai saat ini atau pada masa mendatang yang harus terjadi apabila suatu proyek dilaksanakan atau diperluas sampai melebihi ukuran yang ditentukan semula.
Analisis biaya diferensial digunakan untuk menentukan kanaikan pendapatan, biaya, dan marjin laba sehubungan dengan beberapa kemungkinan cara untuk menggunakan fasilitas tetap atau kapasitas yang tersedia.
Dalam analisis biaya diferensial, biaya variabel sangat relevan karena lazimnya biaya variabel dapat dielakkan ketika proyek masih dalam tahap evaluasi dan tidak jadi dielakkan. Sebaliknya, biaya tetap biasanya tidak dapat dielakkan dalam kondisi apa pun, karena itu tidak relevan bagi setiap keputusan sehubungan dengan biaya atau profitabilitas relatif dari berbagai alternatif. Akan tetapi, jika biaya tetap terpaksa dinaikkan, misalnya karena keputusan untuk menyewa ruang tambahan, membeli fasilitas tambahan atau penyebab pengeluaran ekstra lainnya maka biaya tetap semacam itu dapat dikelompokkan sebagai biaya diferensial.
Karakteria Penting agar suatu jenis biaya dapat dikelompokkan sebagai biaya diferensial atau biaya relevan :
• Biaya tersebut merupakan biaya yang akan datang.
Biaya relevan bukanlah biaya yang telah dikeluarkan perusahaan di masa lalu atau biaya historis, tetapi merupakan biaya yang akan dikeluarkan perusahaan di masa mendatang.Karena itu sunk cost, yaitu biaya yang telah terjadi dan tidak dapat diubah dengan keputusan apa pun, baik saat ini maupun yang akan datang tidak dapat dikelompokkan sebagai biaya relevan.
• Biaya tersebut berbeda di antara sejumlah alternatif.
Biaya yang akan dikeluarkan dimasa mendatang harus merupakan biaya yang berbeda di antara berbagai alternatif. Jika biaya yang akan dikeluarkan perusahaan di masa mendatang tidak memberikan perbedaan diantara berbagai alternatif yang ada maka biaya tersebut tidak dapat dikelompokkan sebagai biaya relevan, misalnya biaya depresiasi aktiva tetap untuk bulan depan dimana proyek akan dilaksanakan.
Manfaat Analisis Biaya Diferensial
Penggunaan biaya relevan di dalam penyelesain berbagai persoalan yang dihadapi perusahaan akan sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan perusahaan. Terdapat beberapa persoalan yang dapat diselesaikan dengan metode ini, antara lain meliputi :
1. Menerima pesanan tambahan,
2. Menurunkan harga pesanan khusus,
3. Keputusan untuk memproduksi sendiri atau membeli,
4. Keputusan untuk memproses lebih lanjut atau tidak.

1 komentar: